Banyak cara untuk membuat pembeli ketagihan dan balik lagi ke toko online kita. Ini beberapa cara yang bisa dicoba:
1. Ramah
Cara berkomunikasi dengan pembeli / calon pembeli yang baik, pasti membuat image penjual bagus. Berikan respon atas pertanyaan pembeli dengan cepat dan tepat. Kadang ada pembeli yang sangat selektif dan menanyakan spesifikasi produk secara detil. Tanggapi dengan bijak. Maklumlah... sistem jual-beli secara online memang menuntut pembeli untuk bersikap lebih cermat.
2. Berikan layanan sms dan chat
Layanan yang biasa diberikan oleh penjual online adalah email. Untuk lebih memudahkan komunikasi, sediakan layanan sms dan chat. Hal ini penting untuk melayani pembeli yang tidak setiap saat dapat mengecek email.
3. Jangan menunda cek pembayaran dan pengiriman barang
Pembeli yang telah mentransfer uang untuk membeli produk Anda artinya ia sangat tertarik dan ingin segera memiliki produk tersebut. Penuhi keinginannya! Usahakan melakukan cek pembayaran dan pengiriman barang di hari yang sama dengan saat pembeli mengirim uang. Hal ini akan membuat pembeli merasa dilayani sama seperti ia membeli produk secara langsung di toko biasa. Membuat pembeli menunggu terlalu lama akan memberikan penilaian yang buruk bagi penjual.
4. Konfirmasi pengiriman barang
Hal yang sering dilupakan oleh penjual online adalah melakukan konfirmasi setelah barang dikirim. Padahal pembeli membutuhkan kepastian kapan barang dikirim dan akan sampai di tangan pembeli. Usahakan seger lakukan konfirmasi pengiriman barang disertai dengan nomor resi pengiriman, sampaikan juga perkiraan produk akan sampai pada pembeli.
5. Terima kasih dan jangan bosan berkunjung, yaaa
Ucapkan juga terima kasih atas kepercayaan pada produk kita dan jangan lupa ingatkan untuk berkunjung kembali, misalnya dengan kalimat "Datang lagi ke toko kami ya... Kami punya produk lain yang pasti Anda suka",
15 komentar:
Tips paling gampang ya harganya harus bersaing, lebih murah dari yang lain gitu lhoh..
wah...
gak cuman toko online aja.
kalau ramah tamah
semua bisnis harus dipraktekin
Iya, sebetulnya ini pengalaman saya bukan sebagai penjual tapi pembeli lho. Karena saya sering belanja online trus menghadapi penjual yang beragam, dan saya paling suka sama penjual yang ramah n cekatan. Meski harganya murah, kalau cara meladeni pembeli ga bikin nyaman, jadi ga asik juga khan... (malah jadi ragu, itu harganya murah, pantesan kualitasn pelayanannya murahan)
saya terus terang pernah ga' setuju dengan bisnis OL Tapi setelah saya dalami,saya makin ketagian......
keren nih tips-tipsnya.....coba dulu ah siapa tau bisa sukses lewat bisnis online
tips yang sangat bagus sekali....
thansk 4 sharing..
jaga kualitas :)
keren tu tips-tipsnya...makasih gan
Betul..betul..betul, tp jg perlu diingat nih, jangan lupa kwalitas produk jg harus di perhatikan, jd servis top produk jg yahud, jgn sampe beda sama promo nya. Tengkyu info nya ;)
sedap banget tipsnya.. ikutin ah :)
thanks ... kebetulan aku lagi mempelajari hal ini. Jasi dangat bermanfaat
yang penting produk yang kita jual ga mengecewakan, pasti pengunjung akan balik lagi ke tempat kita, itu menurut aku loh..
I liked the article you have posted,,,, your article has given me great inspiration and has answered all my questions so far,,,, until now I can return to give thanks to good food ideas you have posted,,, ,, who has been able to make my website busy ?????? hehehehehehehe
postingan diatas emang bener kok, saya udah buktikan sendiri. Yang penting barangnya bagus, itu dulu pointnya.
Berkunjung dong ke lapak ane http://jesslynboutique.multiply.com/
Ada DISKON 6-15% loh...
Posting Komentar